Sungai Lematang

Sungai Lematang adalah sebuah sungai yang melintasi Kabupaten Lahat mulai dari arah Pagar Alam dan bermuara di Sungai Enim yang berada di Kabupaten Muara Enim. Sungai ini juga melintas di depan Bukit Serelo yang juga berada di Kabupaten Lahat. kecepatan arus sungai ini cukup deras yaitu berkisar antara 18 – 20 km/jam. Namun bila dalam musim hujan, bisa jauh melampaui itu. Pada waktu musim kemarau, sungai ini bisa menjadi sangat dangkal, dengan tingkat kedalaman bisa mencapai sekitar 30 cm dan bahkan bisa muncul beberapa pulau bebatuan di tengah sungai.

Sungai ini termasuk sungai yang kaya akan batu kali dan pasir hitam yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan. Oleh karena itu, di sungai ini banyak terdapat para penambang batu dan pasir. Mereka menambang sambil membawa perahu. Batu-batuan dan pasir yang mereka tambang tersebut mereka letakkan di dalam perahu dan baru kemudian dikumpulkan di pinggir sungai untuk diangkut dengan menggunakan truk. Di tepi sungai ini juga terdapat beberapa lokasi pemecahan batu. Biasanya batu2 kali hasil penambangan yang berukuran besar dibawa ke sini untuk dipecah terlebih dahulu sebelum diangkut.

Di tepian sungai ini yang berada di dalam Kota Lahat terdapat taman yang dinamakan Taman Tepian Sungai Lematang. Pada taman ini terdapat banyak pohon-pohon berukuran besar yang telah ditanam sejak jaman pendudukan Belanda. Di bawah pohon-pohon tersebut berdiri banyak warung-warung makan yang view utamanya menghadap langsung ke Sungai Lematang dan hamparan sawah dan deretan bukit yang berada di seberangnya.

Hampir setiap tahun sering diadakan lomba rakit di Sungai ini dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kabupaten Lahat. Jenis rakit yang diperlombakan adalah rakit yang tersusun dari batang bambu. Lomba rakit ini sendiri di mulai dari Desa Tanjung Mulak Kecamatan Pulau Pinang dan berakhir di bagian sungai yang berada di Taman Tepian Sungai Lematang yang ada di Kecamatan Lahat.

Comments
2 Responses to “Sungai Lematang”
  1. Dwie Fhayana mengatakan:

    kalau saya boleh tau kandungan apa saja ya yang ada dalam pasir hitam lematang ini?
    atau memang mengandung timbal yang tinggi?

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] akan terlihat bila kita akan memasuki Kota Lahat dari arah Kota Muara Enim. Di dekatnya mengalir Sungai Lematang yang bermuara di Sungai Enim. Bukit Serelo ini kelihatan seperti jari Jempol. Oleh Karenanya bukit […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: